4.11.2010

Tips Mengatur Keuangan

Ada beberapa factor yang membuat kita yang tadinya cukup bisa mengatur keuangan, namun tiba-tiba dipusingkan oleh anggaran yang tidak cukup. Faktor-faktor tersebut adalah :

1. Meningkatkatnya Kebutuhan Dana tak terduga

Pepatah mengatakana, Untuk tak bisa diraih, malang tak bisa ditolak. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dikemudian hari. Karenanya setidaknya diperlukan kesiapan cadangan dana ekstra untuk hal-hal tersebut.

2 Perubahan gaya hidup dikarenakan factor lingkungan

Adakalanya seseorang itu merasa PD jika sudah mengikuti trend, atau membeli barang-barang yang dimiliki oleh teman selingkungannya. Jika sudah memiliki barang tersebut, mereka merasa “sama” dengan mereka, tidak perduli apakah kebutuhan lainnya dimasa akan datang nanti terpenuhi.

3. Kebiasaan yang kurang baik.

Laper mata, adalah sifat yang kurang baik. Atau terlalu mudah membelanjakan uang demi barang-barang yang tidak produktif atau memiliki nilai fungsi yang cukup.

Karenanya anda perlu mencari tahu sebab anda tidak lagi bisa mengatur keuangan bulanan anda.

Untuk factor nomor satu memang tidak bisa kita hindari. Kita tidak pernah tahu kapan musibah akan terjadi, atau keperluan mendesak lainnya yang belum diprediksi sebelumnya. Tapi untuk factor nomor 2 dan 3 sepertinya kita bisa lebih mengaturnya.

Ingat, Allah saja tidak menyukai orang-orang yang pemboros. Karena mereka yang pemboros itu adalah saudaranya syaithan. Berhemat adalah “obat” untuk penyakit boros. Tetapi, Hemat bukan berarti pelit. Kita berusaha berada ditengah-tengahnya. Coba diteliti lagi di Post apakah pengeluaran terbesar kita? dan mengapa bisa begitu??

Berikut adalah tips-tips praktis yang bisa kita lakukan untuk menciptakan keuangan yang sehat :

1. Menabunglah diawal.
2. Tentukan skala prioritas
3. Cari produk substitusi dengan nilai fungsi tidak jauh beda
4. Ubah kebiasaan anda dari membeli barang yang anda ingini, kepada barang yang benar2 anda butuhkan!
5. Belilah barang2 yang memiliki nilai produktivitas dan fungsi tinggi
6. Bawa uang secukupnya di dompet
7. Buat daftar belanjaan sebelum shopping. & Jangan beli daftar belanjaan yang tidak ada didaftar belanjaan
8. Jika semua cara tersebut sudah ditempuh, namun ternyata anda masih kekurangan juga, kini sudah saatnya anda mencari pemasukan tambahan . Bisa dengan mengajar menjadi guru privat atau berwirausaha kecil2an, atau malah kedua-duanya ..:) salam sukses ya.


Posted in My story, Nasihat Jiwa

Tidak ada komentar: